Edit Battery Low Notification di Android Tanpa Menggunakan PC

Hello, kali ini saya mau berbagi tutorial cara mengedit Notifikasi Baterai di Android apabila sudah lemah (biasanya saat 15% akan muncul notifikasi tersebut)
Untuk lebih jelasnya bisa lihat SS d bawah ini

 #LOL

Ok langsung saja caranya, pertama download dulu bahan2 yang di gunakan

1) Apk Editor *click to download
2) RootEx *click to download
Jangan lupa di install :p


Lalu langkah-langkahnya
0) ALWAYS DO WITH YOUR OWN RISK

1) Buka RootEx, masuk ke directory system root, jgn lupa mount as r/w


2) Masuk ke system/app cari SystemUI.apk lalu tekan+tahan (hold) pilih Extract All, lalu close saja RootEx nya


3) Sekarang buka ApkEditor, cari folder hasil ekstrak-an SystemUI tadi, lalu klik resources.arsc


4) Lalu klik [strings] yang di pojok kanan bawah lalu pilih string


5) Sekaramg edit notifikasi nya dengan kata-kata yang kita inginkan


6) Jika sudah tekan tombol back, ketika ada konfirmasi save maka pilih OK, dan ketika muncul pilihan update changes to dictionary pilih Cancel, close ApkEditor nya


7) Lalu hapus file resources.arsc.bak


8) Next, buka RootEx lagi, cari folder ekstrak-an tadi, lalu buka folder SystemUI/res/drawable-hdpi cari file battery_low_battery.png nah ganti file ini dengan yang anda inginkan, INGAT file harus berupa .png, untuk resolusinya saya menggunakan 300x233 (Width x Height)

*contoh file battery_low_battery.png punya saya (300x233)


9) Kembali ke folder utama SystemUI, tap menu, pilih multi-select, lalu centang semuanya, stelah itu klik Zip, beri nama SystemUI.apk


10) Masuk ke folder hasil zip tadi akan ada file SystemUI.apk.zip, rename dan hapus .zip nya saja menjadi SystemUI.apk


11) Lalu copy file SystemUI.apk tersebut ke system root pada folder system/app (lihat no 1), timpa file sebelumnya lalu ubah permission menjadi rw-r-r


12) Reboot, Enjoy :D
13) Hasilnya? lihat lagi ke paling atas :v

IMPORTANT
bagi yang hang di step no 10 saat menimpa file SystemUI.apk yang lawas, matikan saja HH nya/restart, lalu masuk lagi ke folder system/app stelah itu ganti permissions lagi menjadi rw-r-r lalu reboot lagi..
It should be work!

Cara Aman
Walau sedikit ribet dan memerlukan bantuan PC tapi cara ini cukup aman..
Setelah selesai mengedit SystemUI nya (step no 10) jika tidak ingin mengalamai kendala hang seperti yang saya bilang di atas (IMPORTANT) tadi, yaitu dengan menginstall SystemUI melalui CWM
download flashable .zip nya disini *click
Lalu buka file .zip tersebut, buka system  app  DRAG n DROP file SystemUI.apk td *lihat pada gambar

                    


lalu flash file zip tsb melalui CWM.. Good Luck! :D



*jika ada yg punya ApkEditor versi FULL dan work 100%, ane bagi ya gan :v



special thanks to
Ruly Setyawan and Tubagus Dhika Khameswara
for their great tutorial at https://www.facebook.com/groups/XRay.Indonesia/doc/543442845693625/

Dilarang Copy-Paste konten untuk di share ulang TANPA se-izin penulis!

“Be a Smart & Creative Blogger!”

Copyright © Agung Pambudi

100 comments:

  1. Ups sampai lupa, ini saya menggunakan hh Xperia HDPI...
    Mungkin akan berbeda dengan hh lain terutama yang MDPI..
    Selamat mencoba 8-)

    ReplyDelete
  2. Gan Cara MngMbalikan Sprti semula gmn.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal d timpa dengan SystemUI.apk yg stock nya lagi aja gan.. :D

      Delete
  3. tanpa root explorer jg bisa gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelaaass, selagi File Managernya bisa mount as r/w dan set permissions :-)

      Delete
  4. Q Dah b`HasIL EdIt Battery Low NotifiCation`y Gan...
    Berkat Bantu`n aGan N Group ANDROID INDONESIA....

    ReplyDelete
  5. gan ane ga da batre_low_battre.png nya

    gmn gan ??

    ReplyDelete
  6. coba cek folder drawable-mdpi atau drawable-xhdpi gan..

    ReplyDelete
  7. Gan klw cra gnti background Setting gmn cra.y y ???

    ReplyDelete
  8. itu kalo gambarnya ga di ganti, melainkan cuma text low batterynya aja. gapapa kan?

    ReplyDelete
  9. kalw caranya gtu tapi ganti icon pesan di ganti Ican BBm bsa dunk kak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas bisa, tinggal bongkar aja Conversations.apk nya (o)

      Delete
  10. harus di root dulu nggak gan?

    ReplyDelete
  11. biar ngga nge-hang , taruh systemui.apk nya di system/di sini , dulu ..
    terus ubah permision nya ,
    setelah selesai sett permission , baru pindahkan lagi systemui.apk nya ke system/app/di sini

    ReplyDelete
  12. woy mana yang full version nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba yang ini gan http://code.google.com/p/apktool/downloads/list

      Delete
  13. Di gallery jadi bnyak gmbar..kalo d hapus bahaya gak gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan hasil ekstrak-an tadi memang banyak file yang berupa gambar
      gak apa" hapus aja (o)

      Delete
    2. gan..systemUI ane ngak bsa nimpa file sblumx..
      udh ikutin step by step dri awl..udh ane cba sblm menimpa file yg ada ane ubah dlu permissionx cm kluar peringatan "permissions change was not successful. please note that some file systems (e.g. SD card) do not allow permission change.
      mksdx apa gan??

      Delete
    3. > Coba reboot lalu masuk menu CWM, lakukan wipe cache + wipe dalvik-cache + fix permissions
      > udah itu buka RootEX, trus di mount as r/w
      > SystemUI.apk yang editan copy ke folder /system
      > Ganti permissionsnya jadi rw-r-r
      > Lalu move ke folder /app
      > Reboot
      > It should take effect (o)

      Delete
  14. kalau buat transparant tu gimana gan??
    n mana cwe nya siapa ya yang pakai baju biru?? hehehe :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake framework-res.apk dari cusrom lain yang sudah transparant gan..
      Yuka Maeda namanya x-)

      Delete
  15. Layar ane jadi item bos, pas di beri wallpaper juga masih item.. ("--)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalo gagal edit SystemUI.apk ya begitu resikonya gan .hhe
      silahkan di coba lagi (o)

      Delete
  16. Nice post with great details. I like your idea,. Thanks for sharing,. notification

    ReplyDelete
  17. Work di galaxy young apa gak gan ?

    ReplyDelete
  18. gan,kok ane pas batre nya udah low malah ilang system.ui nya??
    padahal udah bener semua step nya,gk ada yg kelewat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya kalo masih error ada yg gak beres tuh ngeditnya..
      ALWAYS DWYOR

      Delete
    2. gk beres dimana nya?,ane step nya bener semua asli deh.. ;-(
      untung system.ui nya udah dibackup ke sd card,jadi kalo gagal tinggal restore.. 8-)

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. *tulisannya ngk berubah tapi gambarnya berhasil -_-
    Solusinya giaman bro ?

    ReplyDelete
  21. ni apkEditor yang full http://download1415.mediafire.com/vtf774zo7ikg/7w6ossuxdcp43vy/ApkEditor-V1.70.zip

    ReplyDelete
  22. Gan cara ganti Icon gambar batre low ko ga bs ya ?
    Ga ada pilihan gantinya ?
    Solusinya gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada pilihan ganti gimana gan? coba di perhatikan lagi step by step nya (o)

      Delete
  23. kok ga bisa di rw-r-r gan.dah ikutin nmr 1

    ReplyDelete
  24. Gan kgk bisa di paste/ditimpah gimana gan

    ReplyDelete
  25. Maap gan OOT ,ente pake cusrom apaan? Ane suka sm tampilan menu'nya hhii .ane pengguna XRay jg gan :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. stock rom gan, theme pake holo launcher pro, framework pake dari rom ice cream bubble makanya transparant.. btw itu udh lama bgt hha :>)

      Delete
  26. Replies
    1. harusnya sih bisa, temen ane dah nyoba di GalYoung juga soalnya (o)

      Delete
  27. setelah ane kli yg no 3, .trus yg dari no 4-6 gx muncul yah gan,. ??

    ReplyDelete
  28. Mantap gan (h)
    it work for my xperia ray :-d
    jangan lupa visit blog ane juga gan >> http://just-riwn.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. Mentok di no 4''berenti mulu pas loading string

    ReplyDelete
    Replies
    1. ApkEditor nya ngaco gan, atau emang ada yang ga beres juga sama ROM nya..

      Delete
  30. bisa di timpa, tapi jadi doble systemUI.apk nya, gimana gan? apa harus hapus satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gakan bisa kalo file nya double, yang lama di backup dulu aja, trs ganti sama yang udah di edit..

      Delete
  31. Ko punya ane systemui.nya jdi dua gan??

    ReplyDelete
  32. gan cara ganti gambar walpapernya Logonya gimana ya ?
    9.Buka RootEx lagi, cari folder hasil extract tadi, lalu buka folder SystemUI/res/drawable-hdpi cari file battery_low_battery.png (jika anda menggunakan android dengan resolusi kecil, cobalah cari file tersebut pada folder drawable). Kemudian ganti file tersebut dengan yang anda inginkan. Perlu anda ingat file harus berupa .png. (sebagai contoh kami menggunakan gambar dengan resolusi 300x233 (Width x Height)).

    ReplyDelete
  33. masih bingung cara menimpa sytem ui nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal di timpa aja gan, sama aja kayak di komputer kalo paste file yg sama kan ada pilihan Replace Existing tuh, nah begitu..

      Delete
  34. cara ganti file png nya gmn gan..q timpa g bisa..q hpus jg g bisa..maksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tinggal di ganti aja sama gambar yg agan mau..
      PERHATIKAN Point ke-8

      Delete
  35. Gan ko tetep ga berubah yah...ane udh coba beberapa kali tp ttep aja gk berubahh..ane cuma ganti tulisan ny doang..gak sama gambarny soalnya kurang paham cara replace gambarnya..mnta pencerahnnya gan??

    ReplyDelete
  36. kenapa waktu mau battery habis hh ane hang ???tapi kalau di cas normal lg???

    ReplyDelete
  37. semua proses uda di lewati...tetapi pas baterai mau hbs (atau mungkin pmberitahuannya mw muncul) hh ane lngsung hang, g bs di apa2in...mohon pencerahannya gan????

    ReplyDelete
  38. gan di hh ane ga bisa di timpah sama permission nya ga ada gan..?? ;-( :-?

    ReplyDelete
  39. gan smua stepnya sudah ane iktin bener2 tp tulisanya gk keganti gan cuman gambarnya aja udh ane ulang2 juga ngeditnya sama aja tetep bgtu. pencerahanya dong gan btw hp ane galyoung s6310

    ReplyDelete
  40. gan kok ane malah gak ada notifikasi bar nya?@@

    hh ane lenovo a369i

    ReplyDelete
  41. Gan, gambarnya doank yg berhasil, tulisannya gk berubah.. Gimana tuh gan..?

    ReplyDelete
  42. cara ganti gambar battery low.png nya gimana?

    ReplyDelete
  43. resources.arsc gabisa dibua tuh gan. di klik tahan malah muncul rename sama delete. bantuin gan

    ReplyDelete
  44. HH sya experia c2 Gan tulisan yang di bwah fto tu ga bsa di ganti ..
    Cra'a gmna??

    ReplyDelete
  45. Gan ada tutor ganti notifikasi low battery buat jelly bean gak??.. ane coba cara ini gak sukses..

    ReplyDelete
  46. Gan kalo resolusi gambarnya beda sama yg aslinya gimana aman gak. Soalnya punya ane resolusinya cma 233 x 89. Susah cari resolusinya yg pas. Tolong pencerahannya gan!!!. Trims seblumnya

    ReplyDelete
  47. Gan ane ga bisa change picture battery , mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  48. Gan kok saya yang pas ke 5 ngga bisa ditulis ya gan ?
    Tolong solusinya

    ReplyDelete
  49. ,mau nanya gan, saya pake cusrom CM11 di xperia acro s, mau ubah notif baterai tapi ga nemu system UI nya, harus install framework res.apk nya dulu, punya tutor nya gak gan??

    ReplyDelete
  50. Gan Tapi ini buat ICS apa Jelly Bean

    ReplyDelete
  51. nice info,,

    http://goo.gl/tC2RG9

    ReplyDelete
  52. gan ane bingung di step 8 gantinya gmna ya ?

    ReplyDelete
  53. mas kok di hh aaya gak ada systemUI nya ya, padahal nyarinya dah bener di system/app. tapi kok tetep gak ada?
    saya pake hh samsung

    ReplyDelete
  54. di hh ane cuman gambar ny yg rubah
    tulisannya msh tetep
    gimana y gan?

    ReplyDelete
  55. Wuih nice post, thanks om ane sukses >_<

    ReplyDelete
  56. Masih tetep gak ada perubahan min.. giana nih..?

    ReplyDelete
  57. kang punya apk editor full version ga? soalnya dihalaman ketiga gabisa edit apa apa ;-( pake patch fc mulu kang ;((

    ReplyDelete
  58. gan kok ane ga ada folder assets itu bisa ga ??

    ReplyDelete
  59. Misi gan,, kok resources.arch nya gk bisa di buka/klik...

    ReplyDelete

What do you want? Just leave a comment :)